PERCAYA DIRI

PERCAYA DIRI, penting..!

Percaya diri itu seni. Jika Anda
merasa belum percaya diri,
maka Anda bisa menjadi
percaya diri. Jika Anda sudah
merasa percaya diri, maka Anda
bisa menjadi lebih percaya diri.
Percaya diri itu dinamis, ia bisa
naik dan turun, berubah dan
berkembang. Apa yang perlu
Anda lakukan, adalah
menjaganya agar tetap berada
di tingkat yang optimal dan
sehat.
UNTUK APAPUN, DALAM
SEGALA URUSAN, ANDA HARUS
BERBICARA
Dalam aktivitas apapun yang
Anda lakukan, Anda akan
melakukan tiga hal berikut ini:
1. Memimpin;
2. Menjual;
3. Mempresentasikan.
Dalam faktanya, Anda bahkan
mungkin melakukan ketiganya
sekaligus.
Jika Anda sedang memimpin,
maka Anda pasti sedang
menjual sesuatu agar diikuti
oleh orang-orang yang Anda
pimpin. Dan dalam
melakukannya, Anda akan
menyajikan atau
mempresentasikan berbagai hal
yang relevan.
Jika Anda sedang menjual
sesuatu, Anda sedang
mengupayakan posisi
memimpin, agar prospek Anda
mau mengambil keputusan
sesuai dengan yang Anda
inginkan sebagai pihak yang
menjual. Dan sekali lagi, Anda
pasti mempresentasikan
berbagai hal yang relevan.
Jika Anda sedang berpresentasi,
maka Anda bisa dipastikan
sedang menjual sesuatu. Dan
karena Anda sedang berusaha
menjual sesuatu, maka Dan
karena Anda sedang berusaha
menjual sesuatu, maka Anda
pasti berupaya untuk memimpin
audience(pendengar), agar
mendengarkan Anda, agar
menyimak presentasi Anda,
agar memahami maksud dan
tujuan Anda, dan agar
teryakinkan sesuai tujuan
presentasi Anda.
Dalam melakukan semua
aktivitas di atas, media paling
umum yang akan Anda gunakan
adalah komunikasi verbal alias
berbicara.
Muara dari semua aktivitas itu,
atau hasil akhir dari semua
aktivitas itu, akan sangat
ditentukan oleh kualitas bicara
Anda. Sebelum sampai ke
persoalan teknis seperti
struktur bicara, intonasi, gaya
bahasa atau bahkan pilihan kata
dan kalimat, aspek mendasar
dari kualitas bicara Anda adalah
tingkat percaya diri Anda saat
melakukannya.
Singkatnya, Anda harus
menaburkan aura percaya diri
saat berbicara. Karena dari
situlah segala hasil akhir akan
ditentukan. Jadi, titik awal Anda
untuk semua aktivitas itu,
adalah meraih rasa percaya diri
yang lebih baik.
Berikut ini adalah kompilasi
berbagai alasan untuk percaya
diri, yang dikumpulkan dari para
pakar manajemen,
kepemimpinan, komunikasi dan
motivasi.

DARI MANA DATANGNYA
PERCAYA DIRI?
Percaya diri datang dari
kemampuan berkomunikasi
secara verbal, dengan berbicara.
Dengan berbicara, Anda akan
berbicara pada diri sendiri dan
berbicara pada orang lain.
Berbicara kepada diri sendiri
akan menjalankan proses
manajemen diri. Andalah orang
yang paling tahu harus
mengatakan apa pada diri
sendiri.
“Saya bisa” atau “Saya tidak
bisa”.
“Saya akan berhasil” atau “Saya
akan gagal”.
“Saya harus melakukan ini” atau
“Saya memang menginginkan ini”.
“Saya yang menentukan” atau
“Bukan Saya yang menentukan”.
“Saya yang memilih” atau “Orang
lain yang memilih”.
“Terserah Saya” atau “Terserah
orang lain”.
Berbicara kepada orang lain
akan menjalankan proses manajemen diri orang lain.
“Anda harus begini atau harus
begitu”.
“Saya meminta Anda melakukan
ini atau itu”.
“Saya ingin hasilnya begini atau
begitu”.
“Saya yang menentukan, bukan
Anda yang menentukan”.
“Saya yang memerintah Anda
yang mengikuti”.
“Saya yang menjual dan Anda
yang membeli”.
“Jika Anda ingin berhasil, ikuti
saran Saya”.
Jadi, mulailah segala
keberhasilan Anda dengan
percaya diri saat berbicara.

One response to “PERCAYA DIRI”

  1. mobil88 says :

    good article
    [url_telah_dihapus]

Tinggalkan Balasan

